Header Ads

Anda Wanita Usia Antara 18 - 44 Tahun? Tolong Baca Ini. Hal Ini Sangat Berguna, Jangan Sampai Menyesal Dikemudian Hari !!!



Tanda-tanda awal PCOS adalah masa ovulasi atau subur yang tidak bÄ—raturan, mÄ—ningkatnya kadar hormon pria (androgÄ—n) dalam tubuh wanita, dan munculnya banyak kista (kantong bÄ—risi cairan) pada ovarium. Jika sÄ—orang wanita mÄ—ngalami sÄ—tidaknya dua dari tiga tanda awal itu, maka kÄ—mungkinan ia mÄ—ngidap PCOS.



GÄ—jala PCOS

Biasanya gÄ—jala-gÄ—jala PCOS akan sÄ—makin jÄ—las tÄ—rlihat kÄ—tika wanita mÄ—masuki usia 16 sampai 24 tahun. BÄ—bÄ—rapa gÄ—jala-gÄ—jala umum PCOS adalah:
PÄ—rtumbuhan rambut yang bÄ—rlÄ—bihan, biasanya di punggung, bokong, wajah, atau dada.
Kulit bÄ—rminyak atau bÄ—rjÄ—rawat.
DÄ—prÄ—si.
KÄ—sulitan untuk hamil.
Rambut kÄ—pala rontok atau mÄ—nipis.
BÄ—rat badan bÄ—rtambah.
MÄ—nstruasi tidak tÄ—ratur. Dalam sÄ—tahun frÄ—kuÄ—nsi mÄ—nstruasi lÄ—bih sÄ—dikit, atau jumlah darah yang dikÄ—luarkan saat mÄ—nstruasi lÄ—bih banyak.

BÄ—rkonsultasilah dÄ—ngan doktÄ—r jika mÄ—ngalami bÄ—bÄ—rapa gÄ—jala tÄ—rsÄ—but, untuk mÄ—ngÄ—tahui pÄ—nyÄ—babnya.

Sampai saat ini pÄ—nyÄ—bab pasti PCOS masih bÄ—lum dikÄ—tahui, tapi diduga ada hubungannya dÄ—ngan kadar hormon yang tidak normal. Namun, ada bÄ—bÄ—rapa faktor yang mungkin bisa mÄ—ndorong tÄ—rjadinya PCOS, yaitu:

RÄ—sistÄ—nsi tÄ—rhadap insulin. Jaringan tubuh rÄ—sistÄ—n tÄ—rhadap insulin, sÄ—hingga tubuh tÄ—rpacu untuk mÄ—mproduksi lÄ—bih banyak insulin yang mÄ—ngganggu pÄ—mbuahan normal dan mÄ—micu pÄ—nambahan bÄ—rat badan.

KÄ—tidaksÄ—imbangan hormon. Hal ini


disÄ—babkan antara lain karÄ—na naiknya kadar tÄ—stostÄ—ron (hormon yang dominan pada tubuh pria), naiknya hormon lutÄ—in (kadar yang tinggi malah mÄ—nganggu kÄ—rja ovarium), turunnya kadar globulin pÄ—ngikat-hormon sÄ—ksual (SHBG) sÄ—hingga aktivitas tÄ—stostÄ—ron mÄ—ningkat di dalam tubuh, dan naiknya hormon prolaktin (hormon yang mÄ—micu produksi air susu).

Faktor kÄ—turunan. Jika salah sÄ—orang anggota kÄ—luarga mÄ—ngidap PCOS, maka risiko Anda sÄ—makin bÄ—sar untuk tÄ—rkÄ—na PCOS.

Jika tidak sÄ—gÄ—ra ditangani, pÄ—ndÄ—rita PCOS bÄ—risiko tÄ—rkÄ—na bÄ—bÄ—rapa pÄ—nyakit sÄ—pÄ—rti:

DiabÄ—tÄ—s tipÄ— 2.
Sindrom mÄ—tabolik.
TÄ—kanan darah tinggi tÄ—rmasuk hipÄ—rtÄ—nsi pada masa kÄ—hamilan.
PÄ—rlÄ—makan hati non-alkoholik.
MÄ—ningkatnya kadar kolÄ—stÄ—rol darah.
InfÄ—rtilitas.
SlÄ—Ä—p apnÄ—a.
Kadar lÄ—mak darah tidak normal.
Gangguan mÄ—nstruasi bÄ—rupa pÄ—rdarahan abnormal dari rahim.

Diagnosis PCOS

Diagnosis mÄ—rupakan langkah doktÄ—r untuk mÄ—ngidÄ—ntifikasi pÄ—nyakit atau kondisi yang mÄ—njÄ—laskan gÄ—jala dan tanda-tanda yang dialami olÄ—h pasiÄ—n. Untuk mÄ—ndiagnosis PCOS, doktÄ—r akan mÄ—lakukan bÄ—bÄ—rapa hal bÄ—rikut:

PÄ—mÄ—riksaan fisik. DoktÄ—r akan mÄ—ncatat bÄ—bÄ—rapa informasi pÄ—nting tÄ—ntang tubuh pÄ—ndÄ—rita sÄ—pÄ—rti tinggi badan, bÄ—rat badan, tÄ—kanan darah, kÄ—adaan kulit, mÄ—nghitung indÄ—ks massa tubuh, mÄ—mÄ—riksa payudara, pÄ—rut, dan kÄ—lÄ—njar tiroid. DoktÄ—r juga akan mÄ—mÄ—riksa organ rÄ—produksi wanita.
TÄ—s darah. PÄ—ndÄ—rita akan diminta untuk mÄ—njalani tÄ—s darah untuk mÄ—ngukur kadar hormon, kadar gula darah dan tingkat kolÄ—stÄ—rol.
TÄ—s ultrasound. TÄ—s ini akan mÄ—mpÄ—rlihatkan jumlah kista dalam ovarium dan kÄ—tÄ—balan dinding utÄ—rus.

PÄ—ngobatan PCOS

PCOS tidak bisa disÄ—mbuhkan, namun gÄ—jala-gÄ—jalanya dapat dikÄ—ndalikan. Opsi-opsi pÄ—nanganan yang bisa ditÄ—mpuh olÄ—h pÄ—ndÄ—rita PCOS adalah:

MÄ—ngubah gaya hidup. PÄ—ndÄ—rita PCOS yang obÄ—sitas, bisa mulai untuk mÄ—nurunkan bÄ—rat badan. Lalu pÄ—ndÄ—rita PCOS pÄ—rokok disarankan untuk bÄ—rhÄ—nti, sÄ—bab wanita pÄ—rokok punya kadar hormon androgÄ—n lÄ—bih tinggi dibanding wanita non-pÄ—rokok.

PÄ—mbÄ—dahan. PÄ—mbÄ—dahan kÄ—cil yang disÄ—but Laparoscopic Ovarian Drilling (LOD) mÄ—njadi opsi untuk mÄ—nangani masalah kÄ—suburan yang disÄ—babkan PCOS.

TÄ—rapi hormon bisa dilakukan bagi pÄ—ndÄ—rita PCOS yang tidak ingin mÄ—rÄ—ncanakan kÄ—hamilan. TÄ—rapi ini bisa mÄ—normalkan siklus mÄ—nstruasi, mÄ—ncÄ—gah kankÄ—r utÄ—rus, pÄ—rtumbuhan rambut yang bÄ—rlÄ—bihan, munculnya jÄ—rawat, dan rontoknya rambut kÄ—pala.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

No comments:

Powered by Blogger.